Jumat, 14 Maret 2014

TV Tidak Bisa Menyimpan Channel Siaran

TV Tidak Bisa Menyimpan Channel Siaran

Catatan:Ilman ,Sabtu,15 Maret 2014
TV Konka Tidak Bisa Menyimpan Channel Siaran - Banyak penyebab kerusakan tv yang tidak bisa menyimpan siaran / program saat mode autosearch, jika siaran sudah ditemukan dengan cara manual pas dimatikan kemudian dinyalakan kembali siaran tadi hilang tidak tersimpan dengan baik, saat arus listrik dicabut atau tombol power ditekan display tampilan menu kembali ke menu china bukan english.

TV Tidak Bisa Menyimpan Siaran Channel TV Merek KONKA,beberapa hari yang lalu saya ada job untuk memperbaiki tv yang awalnya mati total akibat sering dipukul, kata sipemilik tv konka itu tvnya sering mati sendiri dan untuk menyalakannya tv harus dipukul bodynya hingga akhirnya tv tersebut benar-benar mati total.

Mendengar kisah rusak tv tersebut saya langsung ambil kesimpulan kalau tvnya rusak akibat adanya solderan yang sudah melebur sehingga komponen tidak tersambung dengan baik, setelah saya mencoba membuka tvnya dan kemudian melihat jalur-jalur yang ada dan memang terlihat ada beberapa solderan yang retak, terutama dibagian power regulator dan di salah satu kaki lilitan yang mengarah ke plyback, saya coba lakukan penyolderan ulang setelah penyolderan ulang selesai saya coba menyalakan tv konka tersebut, memang tv bisa menyala, seperti biasanya saya langsung colok diline Video ke DVD Player sembari uji coba sambil menikmati beberapa film dvd baru, sudah beberapa film action saya tonton saya tidak ragu dan langsung menutup case tv tersebut dan membautnya dengan kesimpulan tvnya sudah baik berdasarkan ciri-ciri awal kerusakan tv tersebut

tvkonka
.

Setelah semuanya ditutup rapi saya coba menyalakan ulang tv konka tersebut, dan colok antena saat menekan tombol menu muncul display text china, sembari meraba-raba untuk merobah kebahasa english ada beberapa keanehan yang terlihat saat menu ditekan tv kembali standbye begitu juga saat saya menekan tombol ch up (ch +) hasilnya juga sama, begitu juga dengan tombol vol + yang membuat saya semakin ribetnya lagi beberapa tombolnya sudah rusak jadi kita harus menggunakan alat bantu untuk dapat menekan switch yang ada didalamnya, sampai akhirnya saya coba search secara otomatis, saat proses search berjalan terlihat ada beberapa siaran tv yang tertangkap tapi begitu semuanya selesai tidak satu channelpun tersimpan.

Kerusakan ternyata pada eepromnya 24C04, begitu ganti dengan yang baru dan flash firmware sendiri dengan membuat rangkaian downloader sederhana akhirnya  tv dapat bekerja dengan normal siaran bisa tersimpan meskipun power dari listrik sudah dilepas.

Sepintas dilihat IC 24C04 dengan 8 pin kemungkinan kerusakan pada ic tersebut sangat kecil ternyata ic yang dikenal dengan ic eeprom mempunyai peranan sangat penting karena semua data awal tersimpan pada ic tersebut saat tv dinyalakan proses pembacaan data yang tersimpan dilakukan oleh ic kecil itu, jadi kalau ic itu rusak kemungkinan, warna, ukuran gambar horizontal vertikal setingan warna dan masih banyak lagi yang lain tersimpan pada ic eeprom tersebut, beberapa tv ada yang menggunakan 24C02,24C04,24C08 berhubung waktu konaksi hampir habis, pada postingan berikutnya saya akan coba posting rangkaian downloader untuk flash ic eeprom tersebut semoga bisa membantu rekan-rekan yang membutuhkannya.

Silahkan lihat rangkaian downloader eeprom 24CXX pada artikel Buat Sendiri Alat Flash Eeprom TV 24CXX demi melengkapi tips perbaiki televisi.
TV Tidak Bisa Menyimpan Channel Siaran
Author : bang Jefri
Reviews : 100% 5 99989
Published: 2012-12-22T03:10:00+07:00
TV Tidak Bisa Menyimpan Channel Siaran











































































































Terimakasih kesediaannya memberikan Like pada artikel TV Tidak Bisa Menyimpan Channel Siaran jangan pergi dulu lihat artikel lain / terkait terbaru dibawah ini guna melangkapi informasi sahabat.


Tidak ada komentar: