Minggu, 23 Maret 2014

TV berbunyi Seperti Petasan

Gejala TV Rusak FlyBack [FBT Bunyi] 

 Miinggu 23 Maret 2014
Kerusakan TV yang saya dapatkan hari ini lumayan agak rumit, itu juga sebabnya aktifitas blogging sempat terhenti akhir-akhir ini. Selain ngeblog, sekarang saya lagi banyak pasien seperti TV, komputer, sampai setrika listrik juga ada :D
Belum lagi rencana pembuatan proposal untuk pembangunan jalan dan gedung PAUD, yah saya hidup dikampung jadi harus mulai berlatih untuk bermasyarakat. Banyak rapat dan ngumpul-ngumpul, jadinya porsi online berkurang drastis.

Ok, kali ini saya cuma mau menuliskan hasil memperbaiki TV yang lumayan susah, TVnya merek Cina, dengan mesin sama dengan yang dijual dipasaran. Kerusakan TV ini kalau dihidupkan gambar normal, tapi mengeluarkan bunyi keras seperti petasan, tentu saja yang punya TV jadi takut :D

Awalnya saya curiga dengan bagian FBT, karena kerusakan seperti ini sering terjadi di bagian FlyBacknya. Tapi fly back sudah diganti masih juga belum menemukan titik terang. Saya lihat dari fisiknya, semua komponen dalam keadaan normal.

Saya ukur tegangan, semua normal. Kemudian saya analisa, kemungkinan lain mengapa fly back bunyi adalah karena tegangan keluarannya terlalu tinggi, jadi seperti overload gitu. Dan langkah selanjutnya saya coba trim/ adjust VR B+ yang didekat ACmatic, eh ternyata bunyi dari TV sudah tidak keluar lagi. Dengan demikian kerusakan TV bunyi yang tadinya saya kira gejala TV rusak flyback ini ternyata hanya perlu diturunkan sedikit tegangan B+nya.

4 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

infonya sangat bermanfaat bagi ane
Solder portable

No Text mengatakan...

Makasih infonya

Unknown mengatakan...

Apakah berbahaya kalau kita tetap nyalakan dan nonton seperti biasa ? Takutnya nya meledak

Www.cahterate.com mengatakan...

Andaikan di dukung dengan gambar detil, masalah,, tentu makin mmbantu yg mmg gaptek,,