Rabu, 19 Maret 2014

TV SANYO DYNAMIC Bersuara Ngorok Dan Gambar Bergetar

SANYO DYNAMIC,tv suara ngorok-gambar bergetar


Kali ini dapat servisan tv merk SANYO DYNAMIC model CG25ST5, IC Chroma OXXAVB241-M IC MICOMnyaM37221M8-115SP dengan kerusakan gambar bergetar dan suara ngorok.
Setelah dicek atau dilakukan pengukuran tegangan pada B+,12v dan semua tegangan bekerja normal-normal aja sempat membuat pusing kepala dan membutuhkan waktu yang agak lama.
Saya lakukan penggantian elco pada bagian power supply utamanya/primer tidak mengalami perubahan wah rumit juga tuh masalah tv ini.
Akhirnya aku lakukan penggantian elco pada tegangan 12v dengan no pcb C655 dengan nilai 470uf/16cdiganti dengan yang baru, dan kucoba nyalakan tv ternyata tv langsung normal tidak ada lagi gambar bergetar dan suara ngorok, alkhamdulillah kelar juga masalah ini.


Kerusakan pada TV SHARP

Sharp AMOR type 51A200MS ini menggunakan Single Chip M61262, Tr Horizontal TT2140, Vertical AN5524, Regulator STR-W6753, dan FBT: FA085WJ=BSC23-2654S. Kerusakan: Protect, yaitu saat distart Tv bisa menyala, sesaat kemudian setelah muncul Logo SHARP Tv langsung mati menjadi Standby !!!! Perlu dicatat: semua kerusakan Protect pada tv, kalau masih sempat nyala dan keluar gambar, kebanyakan penyebabnya adalah ketidak beresan rangkaian yg berhubungan dengan Gelap-Terang Gambar !!! Seperti pada tv Sharp kali ini, kerusakan yang saya temukan adalah kebocoran Diode Zener D608 yang berhubungan dengan rangkaian menuju titik ABL FBT.nilai Diode Zener ini adalah 6v2.


Tips menagani problem tv SHARP ALEXANDER BONITO

Kemarin pada hari sabtu sekitar pukul 10.00 saya pergi kedesa BAJANGAN  tepatnya dirumah Bu. LILIKjuragan Roti "ALBY" untuk memperbaiki televisinya dengan merk SHARP ALEXANDER BONITO 21" yang rusak akibat terjadinya kejutan tegangan/tegangan naik pada saat listrik padam. Problem tv ini tidak mau start hanya pada posisi standby, langsung tv saya periksa 'heheheh kayak dorter aja' ternyata setelah semua tegangan saya test terjadi penurunan tegangan pada saat tv distart yaitu untuk tegangan B+ nya sekitar 50v pada saat start sedangkan untuk tegangan 5v nya sekitar 2volt coba saya solder ulang tidak ada perubahan kemudian saya coba melepas kaki out/pin 3 dari ic stabilizer 7805 karena perkiraan saya kerusakan ada pada ic tersebut, kemudian ku coba hidupkan tv dan diukur tegangan 5voltnya ternyata tegangan keluara sekitar 5volt dan untuk tegangan B+ nya naik sekitar 110v berarti ic tersebut tidak rusak kemudian saya solder kembali ic tersebut yaitu ic 7805 untuk kaki/pin3nya dan dicoba dihidupkan tv tersebut ternyata tv nyala normal, kesimpulan dari permasalahan ini berarti dengan melepas kaki ic 7805 yang untuk menyuplay tegangan ic micom sama dengan kita mereset/mengembalikan database dari ic eprom karena terkena tegangan kejut, inj sedikit info dari saya dalam memperbaiki televisi yang secara tidak sengaja atau istilahnya ketepakan dalam bahasa jawa. Salam


Problem TV SHARP standby

Kali ini saya dapat garapan tv SHARP dengan model 21R2 MULTI SYSTEM.
Televisi ini mengalami masalah apabila distart tidak mau on tapi dalm kondisi standby-
dan posisi led indikator pada menyala merah.
Dalam kondisi normalnya televisi ini apabila distart led indikator menyala merah kemudian berganti dengan menyala warna hijau.
Langsung aja televisi ini dibedah,,,,(hehehe bercanda) tutup belakang dibuka dan dilakukan pengetesan yaitu pengetesan pada tegangan yang bekerja pada sistem televisi ini.
Dari hasil pengetesan ditemukan tegangan yang mensupply IC crhoma dan IC prosesor mengalami
penurunan alias drop, penyebabnya terletak pada bagian elco dengan nomer pcb C734 dengan nilai 470uf/16vdan elco dengan nomer pcb C654 dengan nilai 47uf/16v ternyata sudah kering atau kapasitas untuk menyimpan arus berkurang.
Langsung saya ganti dan televisi dicoba dionkan ...jreng televisi langsung nyala.
Demikian pengalaman ini saya bagikan pada rekan-rekan sepropfesi semoga bermanfa'at.


TV LG gambar gelap

Tadi siang saya dapat panggilan ke desa GAYAM kerumah Bu MOK.
Dirumah Bu MOK ini ada 2 televisi : TV LG 21' dengan model 21SL2RD 
dan yang satunya TV Digitec Super Ninja 14".
Diposting kali ini saya akan membahas masalah TV LG 21" dimana kerusakannya
televisi ini kurang terang gambarnya atau sinarnya.
Televisi langsung saya bongkar dan dicek sana-sini ternyata semuanya bekerja normal.
Dan coba saya putar vr dari screen di flyback gambar bisa terang tapi kondisi gambar seperti-
kurang natural/baik. Kemudian langsung saya ganti elco yang bekerja pada tegangan tinggi-
ternyata tetap saja, dan saya coba ganti resistor yang ada pada rangkaian ABL dengan nilai 47Kohmdari tegangan B+ dan resistor dari yang ke ground dari ABL tadi dengan nilai 10Kohm ternyata samasaja. Akhirnya saya coba membuka data eprom dari TV tersebut dengan cara menekan menu di TVkemudian menu di remote, masuk kedata eprom coba saya utak-atik data tersebut proses ini berjalan beberapa menit (maklum ndak punya database dari TV ini) akhirnya ketemu juga penyebabnya data tersebut dengan tulisan "ACL Def 0" saya coba angka nol tersebut saya gantidengan angka "1" ternyata tv langsung berubah seperti sedikala alias normal.
Betapa senangnya hati ini pekerjaan yang satu telah kelar tinggal perbaiki TV Digitec Super Ninja.


TV CINA merk CHANGHONG

Pagi tadi saya melanjutkan pekerjaan memperbaiki tv merk CHANGHONG yang dari kemarin permasalhan tv ini belom kelar2, tv ini mengalami drop tegangan pada semua tegangan di bagian skunder yaitu B+,24v dan tegangan 18vnya. Mulai dari kemarin tv ini belum selesai permasalan oh ya tv ini dengan model 21BM86 memakai IC chroma TB 1238 AN IC micomnya menggunakan CH 08T0934 tersebut tadi pagi pada hari selasa saya lakukan penggantian elco yang bekerja pada tegangan 24v dengan nomer pcb C825 dengan nilai2200uf/35v diganti dengan elco yang lebih kecil nilainya yaitu 470 uf/35v akhirnya tegangan pada tv bagian skunder langsung bisa naik dan tv bekerja dengan normal, demikian share pengalaman ini saya tuliskan diblog ini semoga bermanfa'at bagi teman-teman.

Tv VOTRE layar gelap

"RMRrepair" Tadi siang  dapat panggilan kerumah ibu RIMA dikomplek perumahan PESONA 4 untuk menyelesaikan tv kepunyaan dengan merk VOTER 20", masalahnya tv kalau dihidupkan hanya lampu indikatornya saja yang nyala.
Langsung tv saya bongkar terus saya lakukan pengukuran pada semua teganganbaik-baik saja hanya ada satu tegangan yang kurang seharusnya 12v dari hasil pengukuran hanya terukur 10v, tanpa pikir panjang saya lepas elko yang ada pada bagian supply tersebut yaitu 470uf/25v dan ganti denga yang baru dan coba tv dinyalakan, tv menyala normal kembali.

Tidak ada komentar: