Jumat, 14 Maret 2014

TV LG Tidak Bisa simpan Channel

Tv LG tidak bisa simpan channel

 Posted on by ilman
Satu lagi jenis kerusakan tv yang sempat membuatku puyeng saat belum berhasil menemukan penyakitnya. Tapi begitu aku berhasil menemukan biangkerok nya,perasaan lega bercampur bangga karena bertambah lagi pengalaman yang aku dapatkan.
Tv tersebut adalah merk LG 14” SOUNDMAX (model udah hilang dari box belakang). Bernomor chasis MC-64A,ic program LG8634-17D,dan ic chroma TDA8362D,dengan kerusakan tidak bisa menyimpan program/chanel saat di auto maupun manual search.
Saat di auto search semua chanel tv mau bermunculan,tapi untuk nomor chanel tidak mau berubah,tetap pada posisi program nomor 1. Begitu juga saat di coba manual search,langsung bablas terus tidak mau berhenti,begitu pencarian udah mentok maximal langsung mengulangi dari awal lagi,begitu seterusnya dan tidak mau berhenti.
Cek semua tegangan supply baik di tuner maupun IC croma dan program semua normal.
Setelah banyak belajar tentang kerusakan tuner,bagian if,dan AFT di solder kita dan zaenal electronic akhirnya aku mendapatkan petunjuk,terima kasih buat kang ndowie.
Dengan mengikuti petunjuk yang ada,aku langsung menuju IC program dan aku dapati tegangan di pin AFT (pin 11 ic program) adalah 0 volt alias tak ada tegangan sama sekali waktu di ‘search’. Setelah pemeriksaan lebih lanjut,ketemulah si koruptor tegangangan yaitu C04 senilai 47n (473) dalam keadaan short. Setelah di ganti C yang baru tv pun udah normal kembali saat di auto/manual search. Alhamdulillaah,selesai juga akhirnya.
Tempelkan jempol Anda di sini:
Like This!

Tidak ada komentar: