Selasa, 18 Maret 2014

10 Tanda Ibu Akan Melahirkan Janin

10 Tanda Tanda Akan Melahirkan

Diposkan pada: Oleh:Ilman Pada Kategori: Kesehatan
Tanda tanda melahirkan akan para ibu rasakan ketika sudah mendekati perkiraan waktu kelahiran, seperti apa tanda tanda persalinan ini? simak artikel ini selengkapnya. Setiap fase kehamilan yang umumnya terjadi yakni mencapai 9 bulan lebih 10 hari. Para ibu biasanya bisa mendapatkan perkiraan kelahiran ini dari dokter kandungan yang membantu merawat kandungan anda.
Memang perkiraan waktu persalinan tidak selalu tepat namun, hal tersebut bisa dijadikan acuan untuk perihal waktu persiapan persalinan yang akan dibutuhkan sebelum proses persalinan. Selama masa perkiraan kelahiran ini, terdapat tanda tanda akan melahirkan yang harus diketahui para ibu, dalam ulasan berikut ini.

Tanda tanda Melahirkan

Tanda tanda melahirkan pada setiap wanita mungkin tidak semua sama mengalaminya namun, 9 hal berikut ini merupakan tanda persalinan yang sudah dekat yang harus diketahui :
1. Kondisi psikologis berubah
Seorang ibu yang menginjak tahapan proses kelahiran bayi terkadang berubah menjadi emosi yang tidak stabil, gejolak energi berlebihan, atau keinginan untuk menyendiri. Hal ini wajar karena fase melahirkan sangat membutuhkan kesiapan secara lahir pula. Lakukan hal-hal untuk cara mengatasi stress menjelang kelahiran.
2. Perubahan bentuk tubuh
Secara alami perubahan hormon saat menjelang kelahiran bisa membuat bentuk tubuh menjadi berubah, yang kemudian akan memperlebar tulang kemaluan dan melunakkan dasar panggul untuk mempermudah jalan lahir pada si bayi. Kondisi payu dara juga terlihat semakin membesar karena ASI yang mulai diproduksi.
3. Sakit di daerah panggul dan tulang belakang
Pada tanda tanda awal kehamilan, mungkin nyeri pada tulang belakang tidak terjadi tapi ketika menjelang kelahiran pada bagian tersebut akan merasakan sakit berlebih. Hal ini diakibatkan karena pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang.
4. Lebih sering buang air kecil
Ketika perut sudah semakin membesar, menyebabkan penampung air seni (kandung kemih) ini menjadi tertekan, karena kepala bayi sudah berada di dekat mulut rahim yang membuat rangsangan buang air kecil, semakin sering.
5. Kepala bayi bergeser ke bawah
Pergeseran letak bayi ini dapat dirasakan, terutama karena mulai kosong wilayah perut bagian atas kehamilan ibu. Tanda tanda persalinan yang ditandai dengan pergeseran ini bisa dimaksudkan karena sang calon bayi sudah menuju ke mulut rahim .
6. Sering mengalami kontraksi
Tidak hanya pada proses melahirkan saja, ibu hamil mengalami kontraksi namun menjelang hari-hari kelahiran rasa mulas karena kontraksi sering terjadi. Kontraksi terjadi pada Durasi waktu yang cukup renggang, misalnya setiap 6 jam sekali dan akan semakin cepat dari waktu ke waktu. Segeralah ke rumah sakit ketika kontraksi sudah sering terjadi setiap 10 menit sekali.
7. Muncul flek 
Pada saat yang sama, tanda tanda melahirkan yang  semakin dekat bisa dilihat pada celana ibu yang mulai muncul flek seperti lendir yang bercampur darah. Pada awalnya berwarna sedikit coklat, kemudian menjadi coklat muda, coklat, hingga mendekati seperti warna darah.
8. Perut terasa mengeras
Perut terasa mengeras karena sang calon bayi untuk turun ke mulut rahim telah mendorong untuk turun ke mulut rahim. Kemudian rasa mulas yang dirasakan ibu, membuat terasa perutnya keras.
9. Ketuban pecah
Ketuban pecah mungkin tidak semua dialami oleh seorang wanita yang akan melahirkan. Rasanya seperti mirip dengan buang air kecil tapi sebenarnya airnya mengalir dari pintu rahim. Segeralah membawa ibu ke dokter karena waktu melahirkan sudah semakin dekat.
10. Pembukaan
Saat kepala bayi sudah berada di pintu rahim, pembukaan mulai berjalan perlahan yang secara umum bukaan satu bertingkat hingga melahirkan. Pembukaan naik  satu persatu sekitar per dua jam sekali, yang semakin mendekati kelahiran.

Tanda Tanda Melahirkan

Tanda tanda melahirkan seperti yang telah disebutkan di atas, memang terkadang membuat para ibu merasa bingung seperti halnya rasa mulas yang sering rancu sebagai tanda tanda persalinan atau mulas perut biasa. Hal ini bisa dilihat dari waktunya, jika mulas terasa beriringan itu merupakan rangsangan saat bayi berjalan menuju pintu rahim. Kesiapan mental juga sangat dibutuhkan saat menjelang kelahiran agar kelahiran menjadi lancar.
Sumber: http://blogging.co.id/10-tanda-tanda-akan-melahirkan

Tidak ada komentar: